3 Inspirasi Quote Menemani Perjalanan 2024

Arif Akbarul Huda
3 min readJan 10, 2024
Ilustrasi. Photo by Jason Goodman on Unsplash

Masih membekas dalam benak, berbagai pelajaran berharga berhasil saya petik sepanjang 2023. Terutama dalam konteks berorganisasi. Saya melakukan eksperimen manajerial yakni menambahkan nuansa Agile dalam pengelolaan Program Studi.

Terminologi Agile, pada umumnya melekat pada tata kelola manajemen Startup. Sebutan entitas bisnis rintisan dengan teknologi digital sebagai komoditas utamanya. Agile identik dengan aneka manuver untuk menyelesaikan masalah. Lincah dan Efisien.

Ya, memang agaknya tidak masuk akal. Memasukkan value Agile ke dalam lingkungan kampus. Ritme kerja di dunia kampus, sangat berbeda dengan ritme kerja di dunia Startup. Namun hal ini justru menarik bagi saya untuk memadukan keduanya. Premis yang saya define, pasti akan ketemu kondisi equilibrium atau titik setimbang baru. Tata kelola program studi rasa Startup. Saya akan cuplik dua success story yang berhasil dicapai.

Untuk pertama kalinya, Prodi Informatika merilis sebuah platform baru untuk menampung ribuan final project karya mahasiswa. Dalam kurikulum OBE, seringkali disebut sebagai karya Capstone Project. Menariknya, melalui platform ini pengelola bisa membuat beragam gamification melalui fitur Sayembara. Misalnya, Sayembara berjudul Product Digital Real Impact. Produk siapapun yang berhasil menyelesaikan target Sayembara tersebut berhak mendapatkan reward. Dengan cara demikian, pengelola bisa memainkan sebuah issue. Platform tersebut dapat diakses melalui tautan www.launchinpad.com.

Pada ujung tahun 2023, Tim manajerial Program Studi melakukan kontemplasi melalui karya berupa Informatic Wrap 2023. Sejumlah infografik yang meng-capture berbagai luaran mulai dari bidang pengajaran, penelitian, pengabdian dan kegiatan lainnya. Angka yang berhasil ditorehkan merupakan buah dari kerjasama tim yang dipadukan dalam nuansa Agile. Setidaknya terdapat tiga pelajaran berharga yang masih sangat relevan untuk membuka awal tahun 2024.

Fail fast, learn faster.

Prinsip ini paling sering kami gunakan. Lebih baik gagal karena mencoba daripada gagal tidak pernah mencoba. Karena apapun hasilnya dapat…

--

--