Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk menghasilkan karya, sayangnya kebanyakan tidak menyadarinya.

Menurut pandangan masyarakat umum, sesuatu dianggap karya bila impact-nya luas dan banyak memperoleh apresiasi. Seperti menciptakan lagu dan didengarkan puluhan juta pasang telinga. Sedangkan kalau pak Tjipto menciptakan patung wayang di sudut rumahnya, dia justru dianggap kurang kerjaan bukan berkarya.

Dalam KBBI, karya didefinisikan sebagai sebuah ciptaan atau hasil dari sebuah perbuatan. Tentunya dalam konteks positif. Nayla, seorang anak kecil yang bergumam ceria mengarang nada, menurut saya itu adalah karya. Bu Juminten, Ibu rumah tangga yang meng-inisiasi pengajian Ibu-ibu, itu juga karya.

Setiap orang punya cara sendiri…


“(Singing) Awal ‘kan berakhir, Terbit ‘kan tenggelam, Pasang akan surut bertemu akan berpisah. Hey, sampai jumpa di lain hari, Untuk kita bertemu lagi, Kurelakan dirimu pergi, Meskipun ku tak siap untuk merindu, Ku tak siap tanpa dirimu, Kuharap terbaik untukmu.” Meskipun berawal dari nada mayor namun suasana lagu ini bernuansa sendu. Perpaduan denting gitar dengan alunan biolanya membuat suasana semakin megis di telinga pendengar. Lagu yang dirilis pada tahun 2015 oleh Endank Soekamti ini kerap dicover oleh berbagai band saat acara pensi atau perpisahan SMA.

Namun siapa sangka, kali ini alunan lagu berjudul Sampai Jumpa mengiringi keberangkatan lima puluh tiga…


Data driven dalam konteks ini tidak sama halnya dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ).

Sejak menggunakan Smartwatch, pergelangan tangan saya bergetar setiap kali ada pesan whatsaap. Fitur ini memang asyik, disela rapat penting saya bisa mengintip isi pesan meskipun jauh dari smartphone. Namun ada satu macam pesan yang seringkali membuat saya gemes yakni forward pengumuman, apalagi forward berlapis.

Bisa saja saluran komunikasi whatsapp memang dipilih sebagai jalur utama ditribusi pengumuman. Namun bisa juga karena tak menguasai jalur komunikasi lain, sehingga jalan ninja-nya ya share pengumuman ke berbagai whatsapp group. Maybe it is the best way we can do it. Padahal kalau dipikir…


Masih teringat betul cuplikan adegan Kotaro Minami memanggil mobil merahnya, raidoron. Pada serial film Ksatria Baja Hitam RX ditampilkan mobil yang dapat berjalan sendiri saat dipanggil pemiliknya. Apabila situasi keselamatan pemiliknya gawat, raidoron mampu menghadang lawan. Tak sedikitpun terbesit bahwa kelak teknologi autonomous car ini akan benar-benar terwujud.

Ksatria Baja Hitam tayang pada era 90an. Dua puluh enam tahun kemudian, berbagai inovasi autonomous car mulai bermunculan. Tesla dan Waymo merupakan perusahaan yang relatif baru dan fokus berinovasi dalam bidang ini. Tak mau ketinggalan, brand-brand terkenal seperti Toyota, Honda dan Mazda berlomba menciptakan mobil canggihnya. Bagaimana cara autonomous car ini bekerja?


gambar diambil dari mobihealthnews.com

Hafsya melanjutkan kembali baca buku, kali ini masuk bagian kedua. Dia sangat antusias meperhatikan tingkah Petruk yang jenaka namun cerdas luar biasa. Ceritanya semakin seru. Tepat satu minggu yang lalu, Petruk menghadiri konferensi PESAN BUTA (Penyemat Kecerdasan Buatan pada Tanaman). Pada kesempatan itu, dihadiri seorang pakar teknologi Artificial Intelligance dari Google yang menginspirasi para peserta. Tak henti-hentinya, Petruk beserta hadirin lain menganggukan kepala tanda setuju atas pesan yang disampaikan. Riuh rendah tepuk tangan dan gelak tawa saling bersahutan menebarkan energi positif ke semua sudut ruang.

Sepulang dari seminar, Petruk bergegas melihat berbagai tanaman dikebunnya. Benaknya masih teringat kuat cerita tentang…


Bukan hal yang berlebihan bila suatu saat nanti kita berkomunikasi dengan robot, mirip seperti kita ngobrol dengan teman sebaya. Cepat atau lambat, robot berwujud manusia ini akan tercipta, lengkap dengan ekspresi wajah dan kecakapannya berkomunikasi. Berbagai puzzle penelitian semakin menguatkan, salah satunya mesin rekomendasi.

ilustrasi humanoid robot dari https://www.createdigital.org.au/

Terapan mesin rekomendasi yang kita jumpai sehari-hari adalah postingan yang bersliweran di Instagram. Konten yang muncul pada beranda saya tidak akan sama dengan Anda, meskipun daftar teman yang difollow sama. Apalagi pada halaman Explore, dengan konten yang sangat beragam. …


Sejak kita tidak boleh saling bersentuhan, infrastrkutur Internet of Things (IoT) dan rekayasa teknologi informasi menjadi sesuatu hal yang berperan penting. Petruk menyampaikan arahannya kepada jajaran pengambil keputusan strategis di kota Karang Kedhempel. Tetapi bukan dalam forum resmi dengan pakaian necis, melainkan sambil ngopi di Coworking Space. Beberapa pejabat, memesan Creamy Sinature Chocolate sementara lainnya kompak memesan Smooth Cold Brew.

Pertemuan itu berlangsung sangat seru. Semua terinspirasi, dapat dirasakan dari intensitas diskusi yang panjang. Semua saling memberikan solusi bukan berbantah argumen. Rupanya keberhasilan memantik energi pada forum tersebut, tidak lepas dari uraian pemikiran Petruk mengenai konsep kota yang canggih. …


“Maaf, laptopnya lemot” ucap siswa pada waktu presentasi secara daring. Supaya tidak menyiakan waktu barang sedetikpun, saya coba menganalisa apa yang terjadi. Mungkin hardisknya penuh, akibatnya proses read and write yang dilakukan secara bersamaan oleh berbagai macam aplikasi kecepatannya melambat. Ibarat kata, seharunsya bisa dilakukan pada kecepatan 500 MB/s, menurun drastis hingga 100 MB/s.

Kemungkinan kedua, RAMnya terbatas. RAM merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki performa kecapatan paling tinggi. Berbeda dengan disk, RAM dapat menyimpan data selama ada listrik. Apabila listrik dicabut maka data-data yang tadinya tersimpan akan hilang. …


Halo Students, Ikan Teri dikejar Ikan Tuna. Jangan lupa online hari ini ada tatap muka! See u..”. Tiga puluh menit berjalan dari waktu yang disepakati, saya sabar menanti. Kelas online belum juga dimulai. Tak mengapa, karena dalam waktu singkat saya bisa menyelami dan berkesan dengan dua teknologi canggih ini.

Namanya Krisp, aplikasi penghilang noise berlatar belakang teknologi Artificial Intelligent (AI). Sebuah inovasi tepat guna nan canggih, untuk memperbaiki kualitas suara saat video call. Waktu itu, sebenarnya hampir saja saya merogoh kocek untuk merombak tata ruang kerja karena cenderung berisik dan bergema. Satu-satunya solusi yang saya ketahui hanya satu, melakukan treatment


Pernahkah Anda diteror sebuah brand produk dalam lini masa pada media sosial? Misalnya saat Anda mencari referensi webcam pada Shopee, tiba-tiba saja tawaran berbagai produk webcam membanjiri Instagram Story. Contoh lainnya barangkali Anda pernah terkejut, merasa tidak melakukan aktifitas searchingapapun namun pada lini masa tiba-tiba muncul produk yang Anda inginkan. Lalu terheran-heran seolah internet bisa mengetahui apa yang sedang Anda pikirkan.

Fenomena ini bukan kebetulan melainkan bisa dijelaskan secara ilmiah dengan pendekatan computer science. Prinsipnya sederhana, setiap aktifitas yang Anda lakukan menggunakan gawai, selalu dicatat oleh aplikasi. Misal Anda sedang membuka browser pada smartphone dengan kata kunci webcam melalui mesin…

Arif Akbarul Huda

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store