Benchmarking Pandangan Capres untuk Ekosistem Startup

Kedua pasangan tampak paham betul bagaimana memainkan euforia startup.

Berbeda dari debat capres pertama beberapa waktu lalu, debat capres kedua kali ini justru membuat kaget beberapa pihak khususnya saya sebagai pelaku Startup. Diawali dari sebuah momen ketika Jokowi bertanya perihal Startup Unicorn kepada Prabowo. Pertanyaan yang dilempar ini mengatakan seakan Jokowi sangat menguasai medan startup dibanding Prabowo. Benar saja, anggapan ini semakin kuat saat Prabowo bertanya balik disambut gelak tawa penonton “yang Bapak maksud Unicorn??”.

Meme diambil dari salah satu postingan di Group Telgram https://t.me/TIAdevcommunity

Gas dan Rem

Saya justru tertegun dengan statement akhir Prabowo “Saya khawatir, Unicorn justru mempercepat aliran uang lari ke Luar Negeri”.

Tenang saja, unicorn ini tugasnya mbakar duitnya investor dalam jangka pendek. Tapi mari kita lihat dengan data. Saat ini Indonesia memiliki empat unicorn yaitu Bukalapak, Traveloka, Go-jek dan Tokopedia. Dari sekian banyak investor penyuntik dana, hanya ada beberapa yang bercokol di Indonesia yaitu Emtek Group (satu group dengan SCTV), PT. Astra International Tbk, Indonusa Dwitama. Sisanya, mungkin memang betul dari luar Indonesia seperti China, Singapore, Japan, US dan lain sebagainya. (sumber https://www.crunchbase.com/ ).

Orang bisnis pasti tahu bagaimana permainannya, orang awam seperti saya sih yang penting teriak hore kalau ada kabar unicorn baru. Dalam jangka panjang, pasti Anda paham informasi-informasi berhagra sekaligus uangnya mengalir kemana.

Dalam konteks ini, Jokowi ngerti betul bagaimana memainkan euforia startup sedangkan Prabowo paham betul bagaimana rapuhnhya pondasi ekonomi Indonesia. Kedua paslon ini menurut saya sepert Gas dan Rem. Serasi, semua baik pada tempat dan waktunya. Siapa yang unggul dalam debat? silakan dinilai sendiri.

Berperan Sebagai Investor

Sejauh ini saya riset sederhana dengan keyword “Jokowi Investor Startup” vs “Sandiaga Uno Investor Startup”. Hasilnya, saya menyimpulkan kedua pihak sama-sama bersemangat dan paham perihal investment. Melalui media ini, Jokowi terdeteksi melakukan investmen ke 5 buah setartup. Namun jalurnya melalui Kementrian, bukan personal. Sedangkan Sandiaga Uno melalui media ini dan ini terdekteksi berperan sebagai Angel Investor.

Dorongan tumbuhnya ekosistem Startup

Masih riset kecil-kecilan seputar kata kunci startup, kedua kubu sama-sama bersemangat mendorong perbaikan ekosistem startup. Berdasarkan experience dan journey bisnisnya, melalui media ini Sandiaga Uno yakin dalam 5 tahun yang akan datang akan tumbuh 50 Unicorn Startup. Keduanya baik Jokowi maupun Sandiaga Uno tampak sama-sama paham bagaimana memainkan euforia startup.

Tulisan ini sepenuhna merupakan opini pribadi. Tentunya banyak perspektif yang tidak dapat penulis lihat. Kedua paslon sama-sama paham apa yang harus dilakukan dalam konteks bisnis startup. Pilihan kembali ke preferensi kita masing-masing. :)

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda