Kunci Keberhasilan Startup Hingga Mendapatkan Funding dalam #startuphunt2018

Passionate dalam bidangnya, adalah salah satu kriteria good founder dari kacamata investor.

Hal ini disampaikan oleh salah satu venture capital yang hadir dalam acara Startuphunt 2018. Hadir pula dalam even ini, Natali Ardianto co-founder sekaligus CTO Tiket.com. Dalam kesempatan ini, Natali menyampaikan pengalaman-pengalaman serunya selama mengelola Tiket.com yang dikemas dalam materi “dos/dont the common founder mistakes”.

Acara yang diselenggarakan di Yogyakarta ini menyajikan 10 finalis untuk melakukan live pitching. Sebelumnya, para peserta harus mengunggah video berudarsi pendek ke Instagram dengan hashtag #Startuphunt2018. Bagi para finalis hal ini merupakan suatu tantangan, menyajikan kompleksitas model bisnis dalam durasi maksimal tiga menit.

Lebih dari dua puluh video diunggah dan diseleksi, higga akhirnya terpilih sepuluh finalis. Dari sepuluh finalis ini kemudian disaring kembali oleh judge, sampai diperoleh tiga terbaik berikut ini.

  1. Hepicar
    Hepicar merupakan platform aplikasi mobile untuk membantu orang menemukan solusi atas segala permasalah mobil. Bermitra dengan 350 bengkel di Wilayah D.I. Yogyakarta, hepicar bertekad melebarkan sayap ke kota lain seperti Solo, Semarang dan kota-kota besar lainnya dalam waktu dekat. Berbeda dengan startup pada umumnya, founder hepicar, Nurhidayanto telah mulai melakukan bisnis retail otomotif selama empat tahun. Sementara ini Hepicar beroperasi hanya di D.I. Yogyakarta.
  2. Botika
    Diluar mainstream, Botika justru berani menampilkan hal yang berbeda. Menjalin komuniaksi melalui chating dengan sesama manusia sudah biasa, namun chating dengan robot merupakan sebuah experience yang luar biasa. Dengan memanfaatkan teknologi canggih Natural Language Processing (NLP), robot mampu menjawab berbagai pertanyaan menggunakan bahasa indonesia, seperti percakapan kita sehari-hari. Botika membantu pemilik bisnis online sebagai asisten percakapan via chat untuk melayani pelanggan mulai dari awal sampai dengan transaksi
  3. Portofolio
    Sepuluh tahun berpengalaman di bidang finance, akhirnya founder Portfolio memutuskan untuk total menyelami dunia startup. Portofolio merupakan sebuah platform untuk memudahkan para pelaku bisnis forex.

Ketiga startup ini selanjutnya berhak mendapatkan mentorship dan funding dari capital yang hadir. Melalui acara singkat ini, seberapa tinggi passionate seorang founder terhadap bidang startup yang ditekuninya akan sangat jelas terlihat.

Selamat kepada 3 startup terbaik, semoga membawa mafaat yang besar bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda