Mengenal contentDescription pada layout XML

yap betul! contentDescription itu terdiri dari dua bahasa yakni content dan desctiption. Secara bahasa, kita dapat memaknai dengan mudah “suatu deskripsi yang melekat pada sebuah komponen view”. Apa sih kegunaanya?

Begini. Pada prinsipnya sebisa mungkin aplikasi yang kita buat itu bisa digunakan oleh semua kalangan. Padahal pengguna smartphone Android itu sangat variatif. Bahkan (maaf) beberapa pengguna mungkin memiliki keterbatasan fisik seperti berkurangnya penglihatan. Nah pada kasus seperti ini, pengguna sangat bergantung pada feedback suara.

Fitur TalkBack.

icon TalkBack

Pernah mengaktifkan fitur TalkBack? saya sendiri lebih dari 4 tahun menggunakan smartphone android, tapi baru belakangan ini saya paham kegunaan fitur ini. Coba deh, aktifkan fitur tersebut pada smartphone android Kamu melalui settings > (kategori) system > Accessibility > (kategori) vision > Talkback > On.

cara mengaktifkan fitur TalkBack

Yang perlu kita perhatikan, setelah fitur TalkBack aktif maka semua interaksi akan diikuti dengan suara. Oiya untuk seleksi item atau klik tombol, lakukan dengan dua jari atau klik dua kali dengan cepat. Kenapa? karena kalau cuma select sekali pasti akan diikuti dengan suara. Bahkan jika ada notifikasi pesan masuk (misal whatsapp), akan diperdengarkan suara juga. hehe.. Android baik hati ya?! sempai segitunya memikirkan semua penggunanya.

ContentDescription

Nah sekarang lihat dari perspektif programmer. Bagaimana supaya aplikasi yang kita buat mendukung fitur tersebut??

Betul! Kita gunakan attribute ContentDesctiption. Yuk kita buat eksperimen sederhana. Buatlah project dengan layout seperti berikut.

Coba jalankan code tersebut. Inggat ya, fitur TalkBack harus aktif!

Pada prinsipnya, attribute contentDescription sangat dibutuhkankan untuk jenis view yang tidak menampilkan text seperti ImageView. By default, seandainya kita tidak menambahkan contentDescription maka fitur TalkBack akan mengambil dari attribute text. Yah saya yakin Anda pasti mengerti dan paham setelah menjalankan code diatas.

Sekian dan terimakasih… :)

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda

Coding | Writing | Sharing. Co-founder Hepicar. IG www.instagram.com/akbarul.huda